WeCreativez WhatsApp Support
CS
Hi, Ada yang bisa kami bantu ?

Resep Martabak Telur Mini,Bikinya Simple Tetapi Enak

Resep Martabak Telur Mini

Resep martabak telur mini adalah cara pembuatan martabak yang bisa dilakukan di rumah. Resep ini terbilang simpel untuk para pemula. Resep martabak telur mini ini cocok banget untuk konsumsi si kecil. Bentuk martabak lebih kecil dan isinya pun tidak terlalu padat. Martabak ini cocok dinikmati dengan cocolan saus.

resep martabak telur mini

Martabak telur dengan ukuran mini ini jarang ditemukan dipedagang pinggir jalan. Selain hanya dibuat di rumah, martabak mini juga dapat ditemukan di beberapa kafe yang tentunya bisa disesuaikan dengan pilihan rasa. Sekilas tidak ada yang membedakan dari martabak telur pada umumnya. Hanya martabak mini memiliki ukuran lebih kecil dan tekstur tidak padat. Namun, jika Anda tertarik untuk membuat isi lebih padat tidak menjadi masalah.

Martabak ini dibuat dengan cara digoreng menggunakan minyak. Berbeda dengan martabak bangka yang biasanya menggunakan mentega. Martabak telur memiliki rasa gurih yang andal membuat kenyang. Meskipun terbilang makanan ringan, martabak telu ampuh mengganjal perut Anda.

Cara membuat martabak telur mini memiliki keberagaman. Makanan dengan ciri khas dilipat-lipat ini bisa dibuat seperti martabak telur pada umumnya atau menggunakan cetakan. Namun, untuk martabak yang menggunakan cetakan belum sempurna disebut martabak karena tidak melalui proses lipat-melipat.

Meskipun berbeda, bahan-bahan yang digunakan sama. Martabak yang menggunakan cetakan biasanya lebih banyak dinikmati oleh anak-anak. Alasannya, karena martabak yang dicetak memiliki bentuk yang fleksibel bagi anak-anak. Oleh karena itu, tidak jarang para pedagang jajanan sekolah memanfaatkan peluang ini. Mereka menjual martabak mini ini di kantin atau di depan sekolah.

Martabak tersebut dijual dengan dengan harga Rp500-Rp1.000 per satu cetakkan. Biasanya martabak dijual dengan tambahan saus. Karena memiliki banyak penggemar terkadang pedagang martabak mini pun bisa lebih dari dua penjual. Biasanya jam ramai pembeli saat istirahat dan pulang sekolah.

Nah, resep martabak telur mini sebenarnya tidak menggunakan cetakan, tetapi dibuat langsung di atas teflon yang kemudian dilipat-lipat. Yuk kita simak cara pembuatannya!

Resep martabak telur mini

            Bahan-bahan untuk membuat martabak telur mini terbagi menjadi dua, yaitu untuk membuat kulit dan bahan isiannya. Untuk membuat kulit martabak, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 200gr terigu, 1sdm tepung tapioka, 1btr telur, 400ml air, 1sdm minyak, dan garam. Sedangkan bahan-bahan untuk isian adalah 3 tangkai daun bawang, 2btr telur ukuran sedang, garam, kaldu bubuk, dan daging cincang.

Cara pembuatan

  1. Campurkan terigu, tepung tapioka, telur, dan garam secukupnya sambil diaduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Beri takaran air agar adonan tidak terlalu encer atau kental.
  2. Tuang satu sendok sayur adonan kulit martabak di atas teflon dengan api kecil.
  3. Jika sudah berwarana pucat dan pinggirannya mengelupas itu berarti kulit sudah matang dan bisa digunakan.
  4. Iris halus daun bawang kemudian campur dengan bahan-bahan isian martabak, seperti telur, garam secukupnya, kaldu bubuk, dan daging cincang. Kemudian aduk hingga tercampur rata.
  5. Ambil satu lembar kulit martabak telur, lalu berikan satu sampai dua sendok bahan isian martabak.
  6. Lipat-lipat martabak seperti amplop.
  7. Jika dirasa kulit tidak menempel saat dilipat, encerkan 1sdm terigu sebagai lem. Lalu berikan di bagian ujung agar tidak terbuka.
  8. Goreng martabak hingga kecokelatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  9. Martabak telur dapat dinikmati dengan acar atau saus.

Selain martabak telur, ternyata ada beberapa jenis lainnya yang mungkin Anda sukai. Umumnya, pasti Anda hanya mengetahui martabak bangka dan martabak telur. Untuk menambah wawasan, berikut kami sajikan informasi menarik seputar jenis-jenis martabak untuk Anda.

Martabak bangka

Martabak bangka identik dengan sajian rasa manis. Martabak bangka selalu disandingkan dengan martabak telur di berbagai pedagang martabak. Rasa manis martabak bangka dihasilkan dari taburan meses dan kacang. Namun, seiring berjalannya waktu martabak bangka mulai mengembangkan rasa, seperti keju, strawberry, blueberry, dan lain-lain.

Martabak telur

Martabak ini awalnya juga memiliki isi dengan bahan utama telur ditambah potongan daun bawang. Saat ini martabak telur ditambah dengan variasi gilingan daging sapi atau ayam. Untuk membuat martabak telur tidak membutuhkan kulit lumpia lho. Kulitnya dibuat khusus untuk martabak telur. Jika Anda masih penasaran, tersedia resep kulit martabak telur yang bisa Anda kreasikan.

Martabak kulit lumpia

Nah, berikutnya martabak yang memang menggunakan kulit lumpia. Martabak ini salah satu yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah karena kulit lumpia bisa dibeli di pasaran. Anda tinggal menyiapkan bahan isian martabak. Selebihnya, martabak digoreng seperti biasanya.

Martabak mie

Martabak mie ini juga sering disebut dengan istilah omelet. Padahal, pada dasarnya omelet adalah telur yang dikocok lepas lalu digoreng. Martabak mie ini menggabungkan kocokan telur dan hasil rebusan mie yang kemudian digoreng. Martabak mie juga memiliki banyak peminat. Biasanya martabak ini cocok disantap dengan cocolan saus.

Martabak mini

Martabak mini dapat dibuat ala bangka atau memilih sajian telur. Martabak bangka mini biasanya menggunakan cetakan dan memiliki lebih banyak padanan rasa. Warna-warni tersebut mampu menarik perhatian konsumen terutama anak-anak. Sedangkan martabak telur mini adalah versih kecil darii umumya. Jika Anda tertarik mencoba bisa menggunakan resep martabak telur mini di atas.

Martabak ala pizza

Pada dasarnya martabak ini memiliki bahan-bahan pengolahan yang sama dengan martabak bangka. Namun, titik pembedanya adalah pada saat pemotongan. Martabak ini dipotong membentuk segitiga sebagaimana persisnya pizza. Masing-masing potongan tersebut diberikan topping yang berbeda, sehingga membuat Anda semakin menikmatinya.

Martabak es krim

Martabak ini memiliki ukuran mini layaknya cup. Martabak ini dibuat juga dengan bantuan cetakan. Martabak cup ini berbeda dengan yang lainnya. Di atas permukaan martabak ditambahkan es krim beserta topping-nya yang menarik. Martabak ini cocok banget Anda nikmati saat siang hari.

Waaah, ternyata martabak memiliki berbagai jenis dan tampilan yang menarik. Berbagai martabak tersebut disajikan di berbagai kafe atau restoran terdekat. Biasanya martabak manis menjadi hidangan penutup. Selain resep martabak telur mini, Anda juga bisa berkreasi dengan resep jenis martabak lainnya.

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *