Cara Membuat Takoyaki Sajian Unik dengan Katsuobushi

Cara Membuat Takoyaki 

Cara membuat takoyaki bisa kamu lakukan di rumah lho. Makanan asli Jepang ini sempat mengalami beberapa perubahan isi. Mulai dari sejenis umbi-umbian konnyaku, urat sapi, daging murah, daging sapi, telur, dan terakhir gurita. Namun, saat ini isi takoyaki semakin bervariasi. Tidak hanya isi, tetapi juga bumbu saus.

cara membuat takoyaki

Takoyaki dianggap menjadi makanan ringan atau hanya camilan semata. Namun, tidak jarang juga menganggap takoyaki salah satu jenis makanan berat, sehingga setelah mengonsumsi takoyaki akan membuat kenyang. Jadi, nasi pun dapat teralihkan sementara.

Cara membuat takoyaki menggunakan cetakkan khusus. Cetakkan ini nantinya akan memudahkan kamu dalam pembuatan takoyaki. Daripada menggunakan secara manual lebih praktis menggunakan cetakkan bukan?

Jenis Takoyaki

Pada dasarnya takoyaki di Jepang memiliki empat jenis sajian yang berbeda, yaitu takoyaki polos, takoyaki dengan saus, takoyaki kecap asin, dan akashiyaki (tamagoyaki).

  1. Takoyaki polos. Sesuai dengan namanya, takoyaki tidak menggunakan saus dan kadang-kadang dimakan bersama ponzu atau garam kasar.
  2. Takoyaki dengan saus. Jenis kedua ini adalah takoyaki yang sering kamu temui. Takoyaki dihidangkan dengan berbagai macam saus yang bisa kamu pilih. Selain itu, takoyaki jenis ini disajikan dengan nori dan katsuobushi.
  3. Takoyaki kecap asin. Permukaan takoyaki dioles kecap asin. Jenis takoyaki ini sering dijumpai di daerah Nagoya, Jepang dan sekitarnya.
  4. Akashiyaki (Tamagoyaki). Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan dashi. Cara memakannya dengan menghidangkan di atas piring serupa talenan lalu mencelupkan ke dalam sup berbahan dasar dashi.

Takoyaki memang mudah kamu temukan di berbagai restoran. Kamu perlu mengeluarkan kocek lagi untuk membelinya. Sedangkan dengan membuat sendiri biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat.  Kamu bisa kok mencari resep cara membuat takoyaki. Sekali-sekali bereksperimen sendiri di rumah pasti lebih seru.

Jika kamu belum yakin untuk mengkreasikan takoyaki buatan sendiri, gunakanlah resep takoyaki yang sederhana. Nah, jika sudah mencoba sekali dua kali pasti kamu menemukan ide untuk membuat takoyaki lebih menarik. Di bawah ini resep cara membuat takoyaki sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Cara membuat takoyaki

            Bahan-bahan yang bisa kamu siapkan, yaitu 200gr terigu, 2 butir telur, 500ml air, ½ bungkus penyedap rasa, ½ sdt garam, lada bubuk, mayonnaise, daun bawang, dan isian sesuai selera seperti sosis; udang; bakso; atau gurita. Sedangkan bahan-bahan untuk pembuatan saus, yaitu 3sdm saus barbeque atau saus tomat, 1sdm saus tiram, 1/2sdm kecap inggris, dan air.

Langkah-langkah

  1. Campurkan tepung terigu, telur, penyedap rasa, garam, lada secukupnya, dan air. Blender bahan-bahan tersebut hingga teraduk rata.
  2. Untuk membuat saus, campurkan bahan-bahan pembuatan saus dan berikan secukupnya air.
  3. Aduk rata bahan-bahan pembuatan saus lalu masak sampai meletup
  4. Panaskan wajan cetakkan takoyaki yang sudah diberi minyak. Lalu tuangkann adonan beri isian seperti sosis atau bakso, dan daun bawang.
  5. Masak takoyaki setengah matang, kemudian miringkan adonan. Lalu tumpahkan lagi adonan hingga menghasilkan bulatan penuh.
  6. Setelah berwarna kecokelatan angkat takoyaki.
  7. Sajikan dengan saus dan mayonnaise yang digelimangkan.
  8. Jika kamu ingin mempercantik tampilan, tambahkan nori atau katsuobushi di atas saus.

Untuk memasak takoyaki, selain menggunakan minyak kamu juga bisa menggantikannya dengan mentega. Mentega akan menambah rasa gurih dari takoyaki. Keduanya memiliki porsi yang baik untuk digunakan jika kamu memanfaatkannya dengan seimbang.

Minyak memiliki lemak tak jenuh  ganda (asam lemak omega 6) yang dapat menyebabkan peradangan dan harus dihindari. Sedangkan mentega yang terlalu over untuk dipanaskan akan mengubah komposisi lemak. Jadi, semuanya memang memiliki sisi negatifnya, tetapi boleh dimanfaatkan asal sesuai porsinya.

Ada yang unik dari Takoyaki!

            Berbicara mengenai takoyaki, ternyata ada yang menarik perhatian dari makanan asal Jepang ini. Kira-kira apa ya yang unik? Apakah kamu sering memperhatikan saat takoyaki dihidangkan. Ada sesuatu yang unik dari penyajiannya, yaitu hiasan di atas mayonnaise.

            Jika kamu memperhatikan dengan detail, makanan ini bisa menari-nari lho. Etss, maksudnya bukan takoyakinya ya, melainkan katsuobushi hiasanya unik di atas mayonnaise. Makanan yang diolah dari ikan ini sangat pandai menari dan membuat gemas untuk segera mengabadikan momennya dalam foto.

            Katsuobushi adalah makanan khas dari Jepang yang terbuat dari ikan cakalang. Mengapa makanan ini bisa bergerak? Katsuobushi bisa bergerak karena berhubungan dengan cara prosesnya. Ikan ini terlebih dahulu dikeringkan dan diolah layaknya serpihan kayu. Katsuobushi di Jepang berperan sebagai dasar bumbu membuat berbagai macam hidangan. Katsuobushi biasa disajikan bersama rumput laut kering atau nori, sehingga menimbulkan beberapa rasa yang unik.

            Untuk membuat katsuobushi dengan cara merendam fillet ikan cakalang dalam air mendidih agar ikannya lunak dan matang. Lalu diasapi hingga tiga minggu sehingga tekstur ikan menjadi keras. Setelah ikan mengeras, kemudian diparut hingga menyerupai serpihan kayu.

            Katsuobushi juga digunakan untuk pembuatan dashi. Dashi merupakan kaldu Jepang atau bumbu dasar untuk berbagai makanan Jepang. Katsuobushi terkadang tidak dijual bebas dan sedikit sulit ditemukan. Oleh karena itu, alternatif lain untuk mewujudkan cara membuat takoyaki menggunakan nori. Nori dapat kamu beli di supermarket. Nah, setelah resep cara membuat takoyaki di atas apa kamu juga tertarik untuk mencari resep katsuobushi?

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 19 =