Cara Bikin Martabak Telor Keju Meleleh Yang Creamy

Cara Bikin Martabak Telor 

Cara bikin martabak telor bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain membuat sendiri, sebenarnya martabak telor dengan mudah Anda temukan di pinggir jalan. Biasanya pedagang martabak menjual berbagai rasa, yaitu martabak telor dan martabak manis. Martabak manis sendiri dikembangkan lagi dengan berbagai topping.

cara bikin martabak telor mozarella

Terkadang saat membeli martabak, apakah Anda sering terpaku saat proses hingga penyajiannya? Para penjual dengan gesit memasukkan adonan dalam wajan dengan takaran yang seimbang dan rata. Padahal wajan untuk membuat martabak memiliki permukaan yang datar, sehingga akan menyebabkan tumpah jika Anda tidak mengerti cara penggunaannya.

Namun, bagi para pedagang hal tersebut bukanlah hal yang sulit. Itu menjadi keterampilan sendiri untuk menghasilkan bentuk martabak yang sempurna. Semakin gesit para penjual dalam memasak martabak, semakin keras pula kita berpikir bagaimana ya cara bikin martabak telor dengan hasil yang memuaskan?

Cara bikin martabak telor tidak sepenuhnya berbeda dengan martabak manis. Adonan ditumpahkan sedikit di atas wajan lalu diratakan. Namun, untuk proses pengoorengan, biasanya martabak manis menggunakan mentega, sedangkan martabak telor menggunakan minyak. Martabak telor khas dengan taburan daun bawang lalu sambal acarnya. Sedangkan martabak manis diperkaya dengan sajian macam topping-nya yang manis.

Masing-masing jenis martabak memiliki rasa lezat yang berbeda. Jika martabak telor mengutamakan rasa gurih dan asin, martabak manis sesuai dengan namanya, yaitu memprioritaskan rasa manis. Jadi, semua tergantung selera Anda.

Kelebihan martabak telor

            Martabak telor cocok bagi Anda yang suka dengan makanan pedas. Martabak telor disajikan dengan cuka asam pedas dan tambahan acar. Sekilas martabak telor memiliki ukuran yang lebih tipis daripada martabak manis. Namun, nyatanya martabak telor juga bisa membuat Anda kenyang.

            Tekstur martabak telor yang padat itulah yang dapat memberikan efek kenyang. Martabak telor juga bisa Anda jadikan lauk untuk santapan nasi Anda. Selain dengan cuka beserta acarnya, martabak telor juga dapat dinikmati dengan cocolan saus. Meskipun cepat membuat kenyang, martabak telor masih sering dijadikan camilan saat berkumpul dengan keluarga.

            Karena kelezatan martabak telor, banyak para ibu rumah tangga mencari cara bikin martabak telor di rumah. Martabak telor bukan hanya sekadar camilan lho. Martabak telor dapat menjadi pengatur suhu tubuh karena memiliki kandungan zat besi. Senyawa protein dalam martabak telor juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

            Meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Martabak telor juga bisa! Kandungan martabak telor sebagai komponen yang penting di dalam penyusun enzim dan juga bahan-bahan lainnya di dalam tubuh seperti katalase.

            Resep cara membuat martabak telor ini banyak yang mengira menggunakan kulit lumpia. Padahal, nyatanya tidak lho. Martabak telor melalui dua kali proses, yaitu pembuatan kulit dari bahan dasar terigu kemudian pembuatan isi.

            Melihat tampilan martabak telor seperti biasanya, mungkin akan sedikit membosankan. Meskipun rasa lezatnya bertahan, Anda bisa kok mengubah tampilan martabak agar semakin menggugah selera. Misalnya dengan menambahkan keju. Bukan berarti martabak manis keju lho. Namun, martabak telor yang menggunakan keju.

            Membuat martabak manis dengan tambahan keju sudah biasa. Bagaimana dengan martabak telor dan keju? Apakah akan menjadi luar biasa? Kami akan memberikan resep menarik cara bikin martabak telor keju. Berikut resepnya:

Bahan-bahan

  • 2 butir telur ayam yang sudah dikocok
  • Garam
  • Lada
  • 1 bungkus kornet
  • Daun bawang yang sudah diiris halus
  • Keju parut

Langkah-langkah pembuatan

  1. Kocok telur dengan ditambahkan garam dan lada secukupnya hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan kornet dan daun bawang secukupnya, lalu kocok kembali.
  3. Panaskan minyak di atas wajan untuk persiapan penggorengan.
  4. Masukkan adonan yang sudah dicampur tadi ke wajan, lalu goreng hingga kecokelatan.
  5. Bolak-balikkan martabak telor agar tidak gosong.
  6. Angkat martabak telur jika sudah matang.
  7. Taburi parutan keju di atas permukaan martabak telor
  8. Agar keju meleleh, panaskan martabak telor sessaat di dalam microwave sebelum dihidangkan.

Cara bikin martabak telor di atas memang tidak memiliki kesamaan yang spesifik dengan para penjual seperti biasanya. Martabak telor buatan rumah tidak menggunakan tambahan terigu. Resep cara bikin martabak telor di atas hanya menggunakan telur sebagai permukan kulit. Untuk membuat kulit martabak terkesan lebih tebal, Anda bisa menutup adonan saat proses penggorengan.

Saat ditutup adonan akan menguap ke atas yang menyebabkan martabak telor akan mengembang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir martabak tidak tebal. Saat ditutup usahakan menggunakan api kecil atau sedang. Jangan gunakan api kompor besar agar martabak tidak cepat gosong.

Tentunya gosong akan memengaruhi rasa martabak telor menjadi sedikit pahit. Jangan lupa juga untuk memeriksa tingkat kematangan dengan cara membolak-balikkan martabak telor. Membuat bentuk ukuran martabak telor lebih tebal dengan tambahan keju dan kornet membuat tampilan layaknya seperti pizza bukan?

Martabak telor dapat Anda dinikmati dengan cocolan saus. Bisa dijadikan camilan, mau dijadikan lauk juga cocok. Jika Anda menyukai pedas, bisa ditambahkan sambal saat pengocokkan telur. Tambahkan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba resep cara bikin martabak telor guys!

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 7 =