Alat Vakum Makanan Terbaik Buat Pengemasan Lebih Baik

Alat Vakum Makanan Terbaik

Alat vakum makanan terbaik artinya yang berkualitas dari brand ternama yang sudah handal dalam penggunaannya sesuai kebutuhan dari tipe mesinnya. Jadi sebelum anda membeli alat vakum makanan tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Agar penggunaan alat tersebut tepat dan hasil produksi anda terjaga kualitasnya.

Alat Vakum Makanan Terbaik

Alat vacuum sealer ialah alat yang digunakan untuk menghampakan udara pada kemasan, bila udara tidak dihampakan maka akan menyebabkan proses dioksidasi. Dengan vacuum sealer perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa sehingga dapat menekan perkembangbiakan bakteri. Produk lebih lama di bandingkan dengan proses oksidasi alami.

Jika umumnya bahan makanan hanya tahan beberapa hari saja tanpa di vakum. Sedangkan jika divakum akan lebih awet 2 hingga 3 minggu. Vacuum sealer juga dapat membantu proses pengawetan makanan seperti: bakso, kerupuk, sosis, fresto, ikan, frozen food sampai beras. Bahan makanan tersebut bukan hanya awet disimpan tetapi permanen terlihat segar meski disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Alat Vacuum Sealer memang berguna dalam industri kemasan produk makanan karena tanpa proses pengemasan vacuum kualitas produk makanan tersebut mulai dari rasa, bau dan tekstur akan berkurang. Keuntungan menggunakan alat pengemas vakum akan mencegah timbulnya berbagai macam bakteri yang akan tumbuh di dalam kemasan. Dengan demikian bakteri tidak akan dapat berkembang dalam produk kemasan vacuum. Itu artinya apabila dalam kemasan tidak ada kadar oksigen maka akan membuat makanan yang berada didalam kemasan produk akan tetap bersih, higienis, rapi dan membuat makanan menjadi tahan lebih lama.

Brand Ternama Alat Vakum Makanan Terbaik

Membeli alat vacuum sealer sebagai alat pengemas suatu produk memang perlu mempertimbangkan merk ternama yang sudah memiliki reputasi kualitas terbaik diantaranya: Powerpack, Sinbo, Wirapax. Itu adalah beberapa merk ternama yang memiliki kualitas reputasi bagus serta memiliki sparepart yang mudah didapat. juga layanan after sales yang baik.

Ciri-Ciri Alat Vakum Makanan Berkualitas

Ada banyak pilihan alat vakum makanan dipasaran, namun yang mana yang berkualitas? agar anda tidak salah membeli, lebih baik simak dulu tips memilih mesin yang tepat dan berkualitas, seperti:

  • Carilah mesin yang berkawat pemanas mampu dialiri listrik sebesar 6 Volt dan berarus minimal 6 Ampere. Agar komponen nikel tahan lama, listrik tidak perlu mengalir terus-menerus. Selain lebih hemat listrik, Anda juga bisa sekalian mencegah terjadinya sambungan arus pendek atau korslet.
  • Belilah mesin yang punya fitur pengatur waktu agar arus listrik dapat terputus secara otomatis setelah selesai menggunakan mesin. Selain beban listrik tidak akan berlebihan, press¬†plastik tidak akan cepat rusak dan segel pun bisa menutup dengan lebih sempurna. Selain itu, Anda juga tidak perlu menunggui mesin agar semua kemasan terbungkus dengan rapi sempurna.
  • Carilah mesin dengan spesifikasi menengah ke atas. Mengapa demikian? Biasanya mesin dengan spesifikasi tersebut memiliki garansi jelas, sementara yang di bawah itu belum tentu. Jangan cepat tergiur dengan harga murah bila kualitasnya ternyata juga rendah.
  • Belilah mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika hanya untuk keperluan rumah tangga, beli saja yang berukuran portabel. Selain lebih ringkas dan tidak akan makan tempat, Anda juga lebih mudah memindahkannya ke mana-mana.
  • Yang terakhir mungkin berlaku untuk semua barang: belilah yang sesuai dengan budget yang tersedia. Yang pasti, carilah mesin vakum atau vacuum sealer dengan kualitas yang baik sekaligus harga yang tidak mencekik.

Bila ternyata susah mendapatkan mesin yang murah, anggap saja anda berinvestasi. Soal kualitas sudah pasti lebih baik membeli yang baru walau harganya tinggi. Namun awet sekali sehingga tidak perlu buru-buru menggantinya dengan yang baru.

Pompa Vacuum Sealer Multifungsi - SX-100 - Black - JakartaNotebook.com

Tips Memilih Vacuum Sealer Terbaik

  • Usahakan Anda membeli mesin yang konsepnya impulse yaitu dimana kawat pemanasnya dialiri listrik DC sebesar 6 volt dengan arus minimal 10 Ampere. Namun listriknya tidak tersu menerus mengalir. Dengan model kerja seperti ini dapat memperpanjang usia komponen kawat nikel yang terdapat pada mesin.
  • Belilah mesin yang dilengkapi dengan fitur pengatur timer yaitu pemutus arus. dengan adanya fitur ini panas yang dihantarkan ke sirkuit bagian utama tidak terlalu berlebihan, sehingga pada waktu di press plastik tidak akan rusak atau mudah copot. Hasil segelnya bisa sempurna.
  • Belilah mesin sealer yang sudah terpercaya dengan spesifikasi menengah ke atas. Karena ada juga mesin yang tidak memiliki garansi. Jadi sebaiknya pilih mesin yang memberikan kenyamanan dengan garansi sparepart dan mesin selama satu tahun. Hal ini untuk menghindari dari kerugian apabila mesin yang Anda miliki rusak.
  • Tips berikutnya memilih mesin yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan rumah tangga bisa gunakan mesin jenis portable. Sedangkan jika digunakan untuk industri sebaiknya gunakan yang lebih besar.
  • Tips terakhir memilih mesin yang tepat adalah pilihlah mesin yang harganya sesuai dengan budget yang sudah Anda alokasikan. Carilah mesin yang memberikan harga terbaik dengan kualitas yang baik pula.

 

Mengenal Jenis Mesin Vacuum Sealer

  • Mesin Vacuum Sealer Portable

Mesin vacuum sealer portable menggunakan tenaga baterai untuk menjalankanya. Prinsipnya adalah mengeluarkan udara dari kemasan sehingga tidak ada udara dalam kemasan yang bisa membuat produk yang dikemas rusak. Cara kerja mesin ini sangat mudah. Kemasan yang berisi bahan dikosongkan udaranya, lalu sedot dengan vacuum sealer.

Caranya adalah dengan meletakan vacuum sealer pada valve (katup) dan tekan tombol pada mesin, udara pun akan tersedot ditandai dengan mengempisnya plastik. Kemudian tutup lagi dengan merekatkan zipper. Produk dengan kemasan seperti ini mampu bertahan 3 sampai 5 kali lebih lama dibandingkan produk non vacuum.

Yang perlu anda perhatikan adalah, metode vacuum ini membutuhkan kemasan kusus yang biasanya disebut dengan nama Vacuum bag valve atau bisa juga dengan memakai canister glass. Vacuum bag valve terbuat dari polyurethane yang mempunyai ketebalan bervariasi mulai 10 mili sampai 30 mili. Tentu saja vaccum bag untuk makanan dibuat sesuai dengan standart keamanan pangan (food grade). Alat ini sangat praktis dan mudah digunakan. Jika anda ingin mesin yang bisa melakukan penyedotan udara dan menyegel plastik sekaligus sebaiknya membeli mesin vacuum sealer mini.

  • Mesin Vacuum Sealer Mini

Mesin vacuum sealer mini mampu mengosongkan udara dalam wadah sekaligus merekatkanya. Dengan memakai daya listrik 150 watt tentu sangat hemat tenaga. Umumnya lebar seal ini berkisar antara 28 -35 cm dengan berat antara 3-5kg.

Plastik khusus untuk vacuum biasanya jenis nylon yang memiliki tingkat elastisitas dan daya rekat kuat sehingga kemasan tidak akan gampang bocor. Plastik multilayer ini mempunyai daya tahan yang kuat untuk menahan beban dari isi produk. Selain itu, kemasan ini bisa dipakai untuk produk berbahan dasar cair. Untuk kapasitas industri kecil masih okelah menggunakan mesin ini. Namun jika anda butuh pengemasan ekstra cepat dengan kapasitas besar, saatnya beralih ke mesin vacuum otomatis.

  • Mesin Vacuum Sealer Otomatis

Lebih dikenal dengan nama auto vacuum packager, mesin ini mempunyai fitur yang bermacam tergantung tipe apa yang ingin anda beli. Tipe paling sederhana biasanya cuma dilengkapi fitur vacuum dan sealing saja. Berbeda dengan mesin mini dimana anda harus melakukan dua kali kerja. Mesin otomatis membuat proses pengemasan menjadi lebih mudah. Anda tinggal menset tombol pada control panel, ketika selesai bahan baku akan sudah terkemas rapat. Pada mesin auto vacuum packager yang lebih canggih, anda bahkan bisa melakukan proses infusion, dimana anda bisa meresapkan bumbu pada bahan makanan.

  • Mesin Vacuum Sealer Super Otomatis

Pada mesin yang lebih canggih seperti ini. Panel kontrol tidak lagi menggunakan sistem waktu namun air pressure. Semakin tinggi angka pada display artinya semakin kecil kandungan udara pada kemasan. Pada tingkatan 99,5%, wadah berisi tekanan 5 milibars, artinya sedikit sekali udara di dalam kemasan. Dengan pompa penyedot yang kuat, otomatis tekanan yang diberikan pada bahan makanan juga semakin kuat. Sebaiknya bahan mudah rusak di kemas pada tekanan 200 milibars atau sekitar 85%.

Saat anda memasukan bag ke dalam vacuum chamber (wadah mesin), siklus pengemasan pun di mulai. Pertama pergerakan udara pada chamber akan sangat cepat daripada udara yang keluar dari bag. Tekanan pada bag pun semakin besar dan membuat bag mengembang. Kemudian udara pada chamber akan menurun dan menyedot udara pada bag. Setelah itu terjadi proses sealing. Proses pun selesai.

 

subcat banner vacuum sealer

 

Itulah tadi pembahasannya tentang alat vakum makanan terbaik dan jenis dari mesin tersebut yang bisa anda pahami. Agar sebelum membelinya anda mengetahui hal penting tentang mesin tersebut. Namun juga harga alat vakum makanan murah pastinya menjadi acuan bagi banyak orang. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + sixteen =